STUDI PERBANDINGAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN DITINJAU DARI TINGKAT RASIONALITAS KONSUMSI MAHASISWAPROGRAM STUDI S1PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTASKEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) DENGANMAHASISWAPROGRAM STUDI S1 AKUNTANSIFAKULTASEKONOMIDANBISNIS(FEB) UNIVERSITAS LAMPUNG

Rani , Arum Puji Susanti (2025) STUDI PERBANDINGAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN DITINJAU DARI TINGKAT RASIONALITAS KONSUMSI MAHASISWAPROGRAM STUDI S1PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTASKEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) DENGANMAHASISWAPROGRAM STUDI S1 AKUNTANSIFAKULTASEKONOMIDANBISNIS(FEB) UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ _Rani Arum Puji Susanti.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI I TANPA LAMPIRAN ISI Rani Arum Puji Susanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3559Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI ARUMI TANPA PEMBAHASAN Rani Arum Puji Susanti.pdf

Download (2866Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rasionalitas dalam berkonsumsi diperlukan oleh setiap individu. Tingkat rasionalitas konsumsi individu dipengaruhi oleh tingkat literasi keuangan. Literasi keuangan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah terdapat perbedaan tingkat literasi keuangan ditinjau dari tingkat rasionalitas konsumsin antara mahasiswa program studi S1 Pendidikan Ekonomi dan mahasiswa program studi S1 Akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode komparatif survei dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian mencakup mahasiswa angkatan 2021 program studi S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Akuntansi. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan rumus slovin dan diperoleh sebanyak 141 sampel. Teknik pengambilan sampelnya sendiri menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipatif, kuesioner, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi primer. Uji hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan tingkat literasi keuangan ditinjau dari tingkat rasionalitas konsumsi baik tinggi, sedang, maupun rendah antara mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Akuntansi dengan mahasiswa S1 Akuntansi yang lebih tinggi tingkat literasi keuangannya. Kata kunci: Tingkat Literasi Keuangan, Tingkat Rasionalitas Konsumsi, Pendidikan Ekonomi, S1 Akuntansi Rationality in consumption is necessary for every individual. The level of rationality in individual consumption is influenced by the level of financial literacy. Financial literacy is influenced by various factors, one of which is the level of education in higher education institutions. This study aims to examine whether there are differences in financial literacy levels based on consumption rationality between students of the S1 Economics Education program and students of the S1 Accounting program. The method used in this research is a comparative survey method with a 2x3 factorial design. The research population includes students from the 2021 cohort of the S1 Economics Education and S1 Accounting study programs. The sampling was conducted using the Slovin's formula approach, resulting in a total of 141 samples. The sampling technique itself used simple random sampling. Data were collected through non-participatory observation, questionnaires, unstructured interviews, and primary documentation. Hypothesis testing was conducted using Two-Way ANOVA and Independent Two-Sample t-Test. The analysis results show a difference in financial literacy levels when viewed from the consumption rationality levels, whether high, medium, or low, between undergraduate students of Economic Education and Accounting, with Accounting students having higher financial literacy levels. . Keywords: Financial Literacy Level, Consumption Rationality Level, Economic Education, Bachelor's in Accounting

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 19 Nov 2025 06:18
Terakhir diubah: 19 Nov 2025 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93646

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir