Naufan, Hanif Arliansyah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI NOTION PADA MATERI PERUBAHAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII (IPS) DI SMP NEGERI 15 PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK - Naufan Hanif Arliansyah.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Naufan Hanif Arliansyah.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Naufan Hanif Arliansyah.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan teknologi yang ada membuatseorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menciptakan media pembelajaran. Namun sayangnya, masih terdapat guru yang kurang mengerti dalam pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui desain pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Notion dan mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Data yang diperoleh dari data validitas dan data hasil pretest dan posttest peserta didik. Hasil Penelitian: 1) Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Notion yang telah melewati proses uji validitas ahli materi, ahli media dan ahli mahasa dengan skor rata-rata 82% (sangat layak) validasi praktisi (guru) dengan skor 88% (sangat layak). 2) Hasil uji t-test pretest dan posttest mendapatkan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Notion layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: aplikasi notion, hasil belajar, media pembelajaran interaktif The development of existing technology requires teachers to be creative and innovative in creating learning media. Unfortunately, there are still teachers who do not understand the use of learning media. This study aims to determine the design of developing interactive learning media using the Notion application and to determine whether or not there is an increase in student learning outcomes after using learning media. This study is a Research and Development (R&D) study with reference to the Borg & Gall development model. Data obtained from validity data and pretest and posttest data from students. Research Results: 1) The product produced is an interactive learning media based on the Notion application that has passed the validity test process of material experts, media experts and student experts with an average score of 82% (very feasible) practitioner validation (teachers) with a score of 88% (very feasible). 2) The results of the pretest and posttest obtained Sig. (2-tailed) results of 0.000 <0.05 which indicates that there is an increase in student learning outcomes. So it can be concluded that interactive learning media based on the Notion application is suitable for use as a learning medium and can improve student learning outcomes. Keywords: learning outcomes, Notion application, interactive learning media
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 02:55 |
| Terakhir diubah: | 20 Nov 2025 02:55 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93670 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
