Citra, Yulianda Saputri (2025) PEMANFAATAN PROGRAM JAKSA MASUK SEKOLAH (JMS) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM BAGI PELAJAR DI SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. [Diploma/Tugas Akhir]
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1304Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1279Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) merupakan inisiatif Kejaksaan Republik Indonesia untuk meningkatkan kesadaran hukum pelajar melalui edukasi langsung di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan JMS serta peran komunikasi persuasif dalam pelaksanaannya di SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JMS berjalan efektif melalui penyampaian materi hukum seperti bullying, narkoba, kejahatan siber, dan korupsi dengan bahasa sederhana, narasi nyata, serta metode interaktif seperti diskusi dan kuis. Pendekatan persuasif ini membuat materi hukum mudah dipahami dan menumbuhkan minat pelajar terhadap nilai-nilai hukum. JMS terbukti meningkatkan pengetahuan, kesadaran hukum, dan sikap tanggung jawab sosial pelajar, sekaligus memperkuat citra kejaksaan sebagai lembaga humanis dan edukatif. Meskipun menghadapi kendala fasilitas dan pemerataan pelaksanaan, JMS tetap berdampak positif dalam membentuk generasi muda yang sadar hukum, berintegritas, dan berperan aktif dalam lingkungan sosialnya. Kata Kunci: Jaksa Masuk Sekolah, Komunikasi Persuasif, Kesadaran Hukum, Pelajar. The Prosecutor Goes to School (JMS) program is an initiative of the Attorney General's Office of the Republic of Indonesia to increase students' legal awareness through direct education in schools. This study aims to determine the utilization of JMS and the role of persuasive communication in its implementation at SMA Negeri 3 Bandar Lampung. The research method used a qualitative approach with interview, observation, and documentation techniques. The results show that JMS is effective in delivering legal material such as bullying, drugs, cybercrime, and corruption using simple language, real narratives, and interactive methods such as discussions and quizzes. This persuasive approach makes legal material easy to understand and fosters students' interest in legal values. JMS has been proven to increase students' knowledge, legal awareness, and sense of social responsibility, while also strengthening the image of the prosecutor's office as a humanistic and educational institution. Despite facing obstacles in terms of facilities and equal implementation, JMS continues to have a positive impact in shaping a young generation that is legally aware, has integrity, and plays an active role in their social environment. Keywords: Prosecutors Enter Schools, Persuasive Communication, Legal Awareness, Students.
| Jenis Karya Akhir: | Diploma/Tugas Akhir |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial |
| Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi D3-Hubungan Masyarakat |
| Pengguna Deposit: | 2507033755 Digilib |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 07:44 |
| Terakhir diubah: | 20 Nov 2025 07:44 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93680 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
