OPTIMASI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DIGITAL MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA DAN PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 32 BANDAR LAMPUNG

Nia , Faunia (2025) OPTIMASI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DIGITAL MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA DAN PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 32 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Nia Faunia.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Nia Faunia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2925Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN -Nia Faunia.pdf

Download (1425Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan pembelajaran digital semakin berkembang dalam dunia pendidikan, termasuk dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis platform EdApp agar bisa diintegrasikan secara efektif dalam pembelajaran IPS untuk siswa kelas VIII, menilai penggunaan platform EdApp sebagai media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, mengevaluasi efektivitas penggunaan platform EdApp sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa SMP kelas VIII. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, hasil angket yang kemudian dianalisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur penelitian ini diawali dengan uji pendahuluan kebutuhan pembelajaran, mendesain produk bahan ajar, penyusunan instrumen, uji ahli, uji perorangan dan uji terbatas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) platform EdApp dapat diintegrasikan secara efektif dalam pembelajaran IPS untuk siswa kelas VIII, (2) penggunaan platform EdApp sebagai media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa SMP kelas VIII yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat, (3) penggunaan platform EdApp sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa SMP kelas VIII terbukti efektif dengan hasil uji kefektifan pembelajaran menggunakan n-gain adalah 0, 52 Kata kunci: Pembelajaran Digital, Multimedia, EdApp, IPS The use of digital learning is increasingly growing in the world of education, including in Social Sciences subjects. This research aims to analyze the EdApp platform so that it can be integrated effectively in social studies learning for grade VIII students, assessing the use of the EdApp platform as an interactive learning media can improve student learning outcomes in social studies subjects, evaluating the effectiveness of using the EdApp platform as an interactive learning media in improving social studies learning outcomes for grade VIII junior high school students. The subjects of this research were grade VIII students at SMP Negeri 32 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year. The data collection techniques used in this research were observation, interviews, documentation, questionnaire results which were then analyzed. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. This research procedure begins with a preliminary test of learning needs, designing teaching module products, preparing instruments, expert testing, individual testing and limited testing. The results of this research are (1) the EdApp platform can be integrated effectively in social studies learning for grade VIII students, (2) the use of the EdApp platform as an interactive learning medium can improve social studies learning outcomes for grade VIII middle school students which can be seen from the increased student learning outcomes, (3) the use of the EdApp platform as an interactive learning media in improving social studies learning outcomes for grade VIII middle school students is proven to be effective with the results of the learning effectiveness test using n-gain 0,52 Keywords: Digital Learning, Multimedia, EdApp, Social Sciences

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:57
Terakhir diubah: 20 Nov 2025 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93702

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir