YOVITA , RISKA RAMADHINA (2025) PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PENGAJAR DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Yovita Riska Ramadhina.pdf Download (267Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Tesis Full Tanpa Lampiran - Perbaikan - Yovita Riska Ramadhina.pdf Restricted to Hanya staf Download (2077Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Tesis Full Tanpa Pembahasan - Perbaikan - Yovita Riska Ramadhina.pdf Download (2123Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Perubahan dan perkembangan zaman dengan adanya digitalisasi menjadi tantangan baru. Sekolah dianggap sebagai lembaga pendidikan yang menjual jasa (service) kepada konsumennya. Permasalahan terkait kinerja pengajar yakni keterbatasan untuk peningkatan kompetensi digital, lingkungan kerja, dan pemenuhan kebutuhan motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi digital dan dukungan organisasi terhadap kinerja pengajar dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan alat analisis Moderate Analysis Regression (MRA) dengan software SPSS. Sampel yang digunakan sebanyak 205 pengajar yang berasal dari sekolah menengah atas swasta Kota Bandar Lampung. Temuan empiris penelitian yang diperoleh adalah bahwa semua hipotesis yang diajukan didukung oleh penelitian. Kompetensi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengajar, dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengajar, serta motivasi kerja memoderasi pengaruh kompetensi digital dan dukungan organisasi terhadap kinerja pengajar. Pertimbangan yang dapat disarankan yakni sekolah dapat memfasilitasi komunitas belajar guru; menyediakan layanan konseling, penghargaan kinerja, pelatihan pengembangan diri; menyelenggarakan kegiatan kebersamaan dan forum diskusi; menyediakan ruang bagi guru untuk berkolaborasi dalam merancang inisiatif peningkatan kualitas sekolah secara bersama-sama. Kata Kunci : Kompetensi digital, dukungan organisasi, kinerja pengajar dan motivasi kerja ABSTRACT Changes and developments in the era of digitalization have become new challenges. Schools are considered as educational institutions that sell services to their consumers. Problems related to teacher performance are limitations in improving digital competence, work environment, and fulfilling motivational needs. The purpose of this study is to analyze the effect of digital competence and organizational support on teacher performance with work motivation as a moderating variable. This study uses the Moderate Analysis Regression (MRA) analysis tool with SPSS software. The sample used was 205 teachers from private high schools in Bandar Lampung City. The empirical findings of the study obtained were that all hypotheses proposed were supported by the study. Digital competence has a positive and significant effect on teacher performance, organizational support has a positive and significant effect on teacher performance, and work motivation moderates the effect of digital competence and organizational support on teacher performance. Considerations that can be suggested are that schools can facilitate teacher learning communities; provide counseling services, performance awards, self-development training; organize community activities and discussion forums; provide space for teachers to collaborate in designing school quality improvement initiatives together. Keywords: Digital competence, organizational support, teacher performance and work motivation
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi |
| Program Studi: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S2-Magister Manajemen |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:29 |
| Terakhir diubah: | 05 Dec 2025 08:29 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93952 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
