HOMEY ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTION OF THE USE OF NURSERY RHYMES FOR YOUNG LEARNERS

M. Auliya , Maulidhan Alunda (2025) HOMEY ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTION OF THE USE OF NURSERY RHYMES FOR YOUNG LEARNERS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT -M. Auliya Maulidhan Alunda.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - M. Auliya Maulidhan Alunda.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3497Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - M. Auliya Maulidhan Alunda.pdf

Download (3422Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru bahasa Inggris terhadap penggunaan lagu anak (nursery rhymes) bagi pembelajar muda dalam konteks lembaga kursus bahasa Inggris, Homey English, di Bandar Lampung. Nursery rhymes dipandang sebagai media yang efektif dalam pembelajaran bahasa pada anak usia dini, karena pola ritme dan repetisinya mampu menarik perhatian anak sekaligus mendukung penguasaan kosakata. Penelitian kualitatif ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi kelas sebagai instrumen utama untuk mengeksplorasi bagaimana lima orang guru memandang, menerapkan, serta menyesuaikan penggunaan nursery rhymes dalam kegiatan belajar-mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap nursery rhymes, dengan menekankan perannya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menenangkan, dan interaktif, serta memfasilitasi pemerolehan bahasa. Guru juga melaporkan adanya beberapa kendala, seperti kurangnya partisipasi siswa, kesulitan menemukan nursery rhymes yang sesuai, serta meningkatnya beban persiapan. Namun demikian, guru mampu menunjukkan strategi adaptif seperti menggunakan permainan, pendekatan personal, atau memberi waktu bagi siswa untuk menyesuaikan diri. Data observasi sebagian besar mendukung pernyataan dari wawancara, yang menunjukkan adanya tingkat kesesuaian yang tinggi antara persepsi dan praktik. Penelitian ini menegaskan nilai pedagogis nursery rhymes serta pentingnya fleksibilitas guru dalam menghadapi kebutuhan beragam pembelajar muda. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap pemahaman strategi pengajaran bahasa di lembaga pendidikan non-formal dan memberikan wawasan praktis bagi pendidik bahasa Inggris anak usia dini. Kata Kunci: Lagu Anak (Nursery Rhymes), Persepsi Guru, Pembelajar Muda, Media Pembelajaran, Lembaga Kursus Bahasa Inggris. This research investigates English teachers’ perceptions on the use of nursery rhymes for young learners in the context of a private English tutoring institution, Homey English, located in Bandar Lampung. Nursery rhymes are widely recognized as an effective medium in early language instruction, offering rhythmic and repetitive patterns that engage children and support vocabulary development. This qualitative study employs semi-structured interviews as its primary instrument to explore how five teachers perceive, implement, and adapt the use of nursery rhymes in their classrooms. The findings reveal that teachers hold generally positive perceptions of nursery rhymes, acknowledging their role in creating a fun, calm, and engaging learning environment while facilitating language acquisition. Teachers also reported several challenges, such as student reluctance, difficulty in sourcing suitable rhymes, and the added burden of preparation. However, they demonstrated adaptive strategies such as employing games, using personal approaches, or allowing students time to adjust. This study highlights the pedagogical value of nursery rhymes and the importance of teacher flexibility in addressing young learners' varying needs. The results contribute to the broader understanding of language instruction strategies in non-formal education settings and offer practical insights for early childhood English educators. Keywords: Nursery Rhymes, Teacher’s Perception, Young Learners, Teaching Media, Private English Tutoring.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Universitas Lampung > FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan

400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:26
Terakhir diubah: 15 Dec 2025 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94242

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir