MEI , ROZA FADILLAH (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN STRATEGI FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HOTs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Pioni Aulia.pdf Download (576Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI_MEI ROZA FADILLAH_14825 TANPA LAMPIRAN - Pioni Aulia.pdf Restricted to Hanya staf Download (2390Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI_MEI ROZA FADILLAH_14825_TANPA PEMBAHASAN - Pioni Aulia.pdf Download (2052Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan efektivitas pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi kesetimbangan kimia dengan strategi flipped learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking skill (HOTs). Penelitian ini menggunakan Weak Experimental Design dengan desain penelitian yaitu The Static Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Menggala tahun ajaran 2023/2024 yang tersebar dalam enam kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai XI IPA 6. Sampel penelitian ini adalah XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-Gain HOTs antara kelas eksperimen dengan rata-rata n-Gain HOTs kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain HOTs di kelas eksperimen sebesar 0,71, secara signifikan lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,42. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multipel representasi dengan strategi flipped learning pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan HOTs. Kata kunci : multipel representasi, flipped learning, Higher Order Thinking skill (HOTs) ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of multiple representation-based learning on chemical equilibrium using a flipped learning strategy to improve Higher Order Thinking Skills (HOTs). This study uses Weak Experimental Design with the research design, namely The Static Group Pretest-Posttest Design. The population in this study were all eleventh-grade students of SMA Negeri 3 Menggala in the 2023/2024 academic year, spread across six classes: XI Science 1 to XI Science 6. The sample of this study was XI Science 1 as the experimental class and XI Science 5 as the control class. The sampling technique used was purposive sampling. The results of the hypothesis testing using an independent sample t-test showed a significant difference in the average n-Gain HOTs between the experimental class and the control class. The results of this study indicate that the average n-Gain HOTs in the experimental class was 0.71, significantly higher than the 0.42 in the control class. This indicates that multiple representation- based learning with the flipped learning strategy on chemical equilibrium is effective in increasing HOTs. Keywords: multiple representations, flipped learning, Higher Order Thinking skills (HOTs)
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 07:35 |
| Terakhir diubah: | 16 Dec 2025 07:35 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94273 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
