PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

FARIDA , JULIA SAPUTRI (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-FARIDA JULIA SAPUTRI-2113053073-PGSD - Farida Julia Saputri.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN-FARIDA JULIA SAPUTRI-2113053073 - Farida Julia Saputri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1820Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN-FARIDA JULIA SAPUTRI-2113053073. - Farida Julia Saputri.pdf

Download (1442Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bulurejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 42 peserta didik, dengan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan pretest, posttest, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada model discovery learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bulurejo. Kata kunci: hasil belajar, kelas IV, model discovery learning, sekolah dasar video animasi ABSTRACT This study was motivated by the low mathematics learning outcomes of fourth- grade students at SD Negeri 2 Bulurejo. The purpose of this study was to determine the effect of the discovery learning model assisted by animated videos on students' mathematics learning outcomes. The method used in this study was a quasi- experiment with a nonequivalent control group design. The population in this study consisted of all 42 fourth-grade students, with a saturated sampling technique so that the entire population was used as the sample. Data were collected through pretest, posttest, and observation. The results of this study indicated that there was a significant effect of the discovery learning model assisted by animated videos on the mathematics learning outcomes of fourth-grade students at SD Negeri 2 Bulurejo. Keywords: learning outcomes, fourth grade, discovery learning model, elementary school, animated video

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:53
Terakhir diubah: 16 Dec 2025 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94278

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir