Januar , Dwi Putra (2025) IMPROVING STUDENTS’ LISTENING ACHIEVEMENT USING DUOLINGO AT SMP NEGERI 10 KOTABUMI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRACT - januar dwi putra.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
skripsi full tampa lampiran - januar dwi putra.pdf Restricted to Hanya staf Download (1172Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
skripsi tampa pembahasan - januar dwi putra.pdf Download (1102Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRACT This study aims to examine whether teaching using Duolingo can improve students’ listening achievement. A quantitative approach was applied through a one-group pretest-posttest design. The study was conducted at SMP Negeri 10 Kotabumi. The population of this study involved eighth grade students of SMP Negeri 10 Kotabumi. The total number of participants in this study was 30 students. The data were gathered using listening achievement tests administered before and after the use of Duolingo. The results were analyzed using a paired sample t-test to assess the impact of the media. The results showed that there is improvement in students’ listening achievement, with the average score rising from 61.6 on the pretest to 73.4 on the posttest, indicating an increase of 11.8 points. The statistical analysis yielded a significance value of 0.00<0.05, indicating that teaching using Duolingo had a significance effect on listening achievement. Therefore, it can be concluded that Duolingo is an effective media for improving students’ listening achievement and encouraging active participation in listening activities. Keywords: Duolingo, improving, listening achievement ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah pembelajaran menggunakan Duolingo dapat meningkatkan pencapaian menyimak siswa. Pendekatan kuantitatif diterapkan melalui desain one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kotabumi. Populasi penelitian melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kotabumi. Jumlah peserta dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes pencapaian menyimak yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan Duolingo. Hasil penelitian dianalisis menggunakan paired sample t-test untuk menilai pengaruh media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pencapaian menyimak siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 61,6 pada pretest menjadi 73,4 pada posttest, yang menunjukkan peningkatan sebesar 11,8 poin. Analisis statistik menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Duolingo memiliki pengaruh signifikan terhadap pencapaian menyimak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Duolingo merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pencapaian menyimak siswa dan mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan menyimak. Kata kunci: Duolingo, peningkatan, pencapaian menyimak
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon) |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bahasa Inggris |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:43 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 06:43 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94279 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
