NILAI MORAL DALAM ANTOLOGI CERPEN RAHASIA KELUARGA KARYA OKKY MADASARI DAN OM INSTITUTE DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

MUHAMMAD NAUFAL , ANNAJJAR (2025) NILAI MORAL DALAM ANTOLOGI CERPEN RAHASIA KELUARGA KARYA OKKY MADASARI DAN OM INSTITUTE DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (232Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1263Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1020Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fokus masalah pada penelitian ini mengkaji nilai moral yang terdapat dalam antologi cerpen Rahasia Keluarga karya Okky Madasari dan OM Institute serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk nilai moral yang terkandung dalam cerpen-cerpen tersebut serta menguraikan implementasi hasil penelitian ke dalam lembar kerja peserta didik Bahasa Indonesia untuk jenjang SMA kelas XII fase F. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data penelitian berupa data-data dari cerpen yang merepresentasikan nilai moral, sedangkan sumber data penelitian ini adalah antologi cerpen Rahasia Keluarga karya Okky Madasari dan OM Institute. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap membaca, mencatat, dan mengklasifikasikan data berdasarkan teori nilai moral. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa nilai moral yang terdapat dalam antologi cerpen Rahasia Keluarga meliputi nilai moral religiusitas, sosialitas, kejujuran, demokrasi, tanggung jawab, gender, keadilan, dan daya juang. Nilai religiusitas direpresentasikan seperti berdoa, tidak iri, iklas. Nilai sosialitas direpresentasikan seperti gotong royong, peduli sesama. Nilai kejujuran direpresentasikan seperti tidak berbohong. Nilai demokrasi direpresentasikan seperti musyawarah. Nilai tanggung jawab direpresentasikan seperti menepati janji. Nilai gender direpresentasikan seperti kesetaraan perempuan dan laki-laki. Nilai daya juang direpresentasikan tidak mudah menyerah. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka kelas XII SMA fase F, peserta didik mampu mengidentifikasi serta mengungkapkan nilai-nilai moral yang terdapat dalam karya sastra, baik berupa cerpen maupun esai. Kata Kunci: nilai moral, cerpen, pembelajaran Bahasa Indonesia. The focus of this research examines the moral values contained in the short story anthology Rahasia Keluarga by Okky Madasari and OM Institute and its implications for literature learning in high school. This research aims to describe the forms of moral values contained in the short stories and outline the implementation of the research results into Indonesian language student worksheets for high school grade XII phase F. The research method used is descriptive qualitative with a sociological literary approach. The research data consists of data from short stories that represent moral values. While the data source for this research is the short story anthology "Secrets of the Family" by Okky Madasari and the OM Institute. Data analysis techniques are carried out through the stages of reading, recording, and classifying data based on moral value theory. Based on the research results, it was found that the moral values contained in the Family Secrets short story anthology include the moral values of religiosity, sociality, honesty, democracy, responsibility, gender, justice, and fighting spirit. Religious values are categorized as praying, not being jealous, being sincere. Social values are categorized as mutual cooperation, caring for others. Honesty values are categorized as not lying. Democratic values are categorized as deliberation. Responsibility values are categorized as keeping promises. Gender values are categorized as equality between women and men. Fighting spirit values are categorized as not giving up easily. The results of this study are implied in Indonesian language learning using the Independent Curriculum for grade XII SMA phase F, students are able to identify and express moral values contained in literary works, both in the form of short stories and essays. Keywords : moral values, short stories, Indonesian language learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2507163717 Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:01
Terakhir diubah: 17 Dec 2025 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94290

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir