SABARI, - (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD PPKN UNTUKMENINGKATKAN HASIL KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 2 METRO. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS SABARI_RPL MTP.pdf Restricted to Hanya staf Download (12Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS SABARI_RPL MTP tanpa pembahasan.pdf Download (12Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Implementasi pembelajaran PPKn di di SMA Negeri 2 Metro seringkali didominasi oleh pendekatan konvensional yang berpusat pada guru (teachercentered learning). Observasi awal menunjukkan bahwa guru PPKn cenderung mengandalkan metode ceramah dan buku teks, minimnya pemanfaatan teknologi, sehingga menyebababkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis PBL untuk mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Metro yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain pengembangan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil Penelitian yang dikembangkan berupa e-LKPD PPKn berbasis PBL yang sesuai kebutuhan SMAN 2 Metro, relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad 21, desain yang mengikuti prinsip pedagogis dan estetika media, serta pengembangan berbasis teknologi yang adaptif. Produk e-LKPD ini memadukan nilai-nilai kebangsaan dengan kemampuan literasi digital secara terpadu, menjadikannya inovasi pembelajaran yang sesuai dengan konteks peserta didik SMA Negeri 2 Metro. Hasil produk e-LKPD kemudian diuji validitas, kelayakan dan efektifitasnya. Hasilnya uji menunjukan bahwa pengembangan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata skor keseluruhan 92,22% yang mencakup validasi ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa e-LKPD “Menjaga Keutuhan NKRI” telah memenuhi prinsip kelayakan isi, kesesuaian dengan kompetensi dasar Kurikulum Merdeka. Kepraktisan e-LKPD berbasis PBL dinyatakan sangat baik berdasarkan hasil uji kelompok kecil dan kelompok besar. Uji kelompok kecil memperoleh rata-rata 3,54 (88,5%), sedangkan uji kelompok besar memperoleh rata-rata 3,49 (87,25%), keduanya dalam kategori sangat baik. Hasil pengembangan e-LKPD mudah digunakan oleh siswa maupun guru, menarik secara visual, serta mendukung kegiatan belajar aktif. Keefektifan e-LKPD berbasis PBL terbukti signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai N-Gain sebesar 60,80% berada pada kategori sedang, yang berarti e-LKPD efektif meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. The Implementation of Civic Education (PPKn) Learning at SMA Negeri 2 Metro is often dominated by conventional, teacher-centered approaches. Preliminary observations show that Civic Education teachers tend to rely heavily on lectures and textbooks, with minimal use of technology, which results in low student learning outcomes. This research aims to develop a PBL-based e-Worksheet (e-LKPD) for Civic Education at SMA Negeri 2 Metro that is valid, practical, and effective in improving students’ learning outcomes. The study employs a Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The result of this study is a PBL-based e-LKPD for Civic Education that meets the needs of SMA Negeri 2 Metro, aligns with 21st-century learning demands, follows pedagogical and media design principles, and incorporates adaptive technology. This e-LKPD product integrates national values with digital literacy skills, making it an innovative learning medium suited to the context of SMA Negeri 2 Metro students.The developed e-LKPD was tested for its validity, practicality, and effectiveness. The validation results showed that the e-LKPD was highly valid, with an average overall score of 92.22%, covering validation by content experts, media experts, and instructional design experts. This indicates that the e-LKPD titled “Maintaining the Unity of the Republic of Indonesia” meets the standards of content feasibility and alignment with the core competencies of the Merdeka Curriculum. The practicality test of the PBL-based e-LKPD was also categorized as very good, based on the results of both small- and large-group trials. The small-group test obtained an average score of 3.54 (88.5%), while the largegroup test obtained 3.49 (87.25%), both classified as very good. The developed e-LKPD is easy to use for both teachers and students, visually engaging, and supports active learning activities. The effectiveness of the PBLbased e-LKPD was proven to be significant in improving students’ learning outcomes. The N-Gain score of 60.80%, categorized as moderate, indicates that the e-LKPD is effective in enhancing students’ Civic Education learning outcomes.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507993486 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 01:37 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 01:37 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94294 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
