SOVFAN, - (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GOOGLE SITES TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR FISIKA KELAS 12. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (229Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1667Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1572Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan teknologi di era digital saat ini telah mengubah pola pembelajaran di kelas, termasuk pelajaran fisika. Salah satunya penggunaan e-Modul untuk membantu guru dalam proses pembelajaran lebih efektif, inovasi dan menarik bagi siswa. Pembelajaran yang mampu menghadirkan masalah di lingkungan siswa akan lebih membuatkan rasa ingin tahu dan berpikir kritis pada siwa, sehingga hal iniakan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul berbasis Google Sites terintegrasi model PBL yang sesuai analisis potensi dan kondisi sekolah, valid dan praktis, serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain pengembangan model 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, uji validitas, instrumen soal. Hasil Penelitian menunjukan bahwa e-Modul berbasis Google Sites terintegrasi model PBL hasil pengembangan valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata uji ahli sebesar 93,75% dari hasil validasi dari validator materi, media, dan desain, produk ini menunjukkan kelayakan yang tinggi dan siap digunakan dalam pembelajaran. Hasil masukan yang diberikan oleh validator telah digunakan untuk penyempurnaan untuk membuat produk yang lebih baik dan siap digunakan. Pada pembelajaran fisika, dengan menggunakan e-Modul berbasis Google Sites terintegrasi model PBL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Nilai pretest siswa rata-rata 58,37, sedangkan nilai posttest meningkat drastis menjadi 85,51, dan N-Gain meningkat sebesar 65,22%. Ini dianggap cukup efektif. Selain itu, uji statistik menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai t-test yang sangat rendah (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa E-Modul berfungsi dengan baik untuk meningkatkan pemahaman fisika siswa. Kata Kunci: E-Modul, Google Sites, PBL, Hasil belajar
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507260610 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:12 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 02:12 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94348 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
