LILY , MAY NARWATI (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (288Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS LILY FULL LENGKAP.pdf Restricted to Hanya staf Download (11Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS LILY LENGKAP TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (11Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilakukan karena melihat rendahnya keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 12 Bandar Lampung. Data awal menunjukkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa hanya 1,94 dari skala 4,00, yang tergolong rendah. Masalah utama ditemukan pada aktivitas lisan seperti bertanya dan berdiskusi, serta aktivitas mental seperti menganalisis dan memecahkan masalah. Untuk mengatasi hal ini, penelitian bertujuan membuat dan menguji efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) yang terintegrasi dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) agar keaktifan siswa meningkat. Penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) Borg and Gall dengan tujuh tahapan, mulai dari identifikasi masalah hingga revisi akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil validasi menunjukkan E-LKPD berbasis PBL memenuhi standar akademis dan praktis. Para ahli menyatakan produk ini sangat valid, dan uji coba lapangan menunjukkan produk sangat praktis, dengan 83,67% respons positif dari guru dan siswa yang menilai produk mudah digunakan dan sesuai kebutuhan. Pencapaian utama penelitian ini adalah bukti nyata bahwa produk efektif meningkatkan keaktifan belajar siswa. Rata-rata skor aktivitas belajar naik drastis dari 1,94 sebelum intervensi menjadi 3,42 setelah penggunaan E-LKPD. Peningkatan ini juga didukung oleh nilai N-Gain sebesar 0,72, yang termasuk kategori tinggi dan menunjukkan perubahan positif dari gaya belajar pasif ke aktif. Secara statistik, hasil uji One-Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000, jauh di bawah 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak dan rata-rata keaktifan belajarp siswa setelah menggunakan E-LKPD berbasis PBL terbukti jauh melampaui standar minimal. Dengan demikian, E-LKPD berbasis PBL menjadi media yang sangat direkomendasikan dan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Ekonomi. Kata Kunci: E-LKPD, Problem Based Learning (PBL), Aktivitas Belajar, Ekonomi Kelas X.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507168391 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:48 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 02:48 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94354 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
