ANALISIS MAKNA IKLAN AQUA, UNILEVER, DAN DANCOW DALAM KONTEKS ISU BOIKOT PRODUK ISRAEL (SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

FITRI, KARUA LUKMAN MURAD (2025) ANALISIS MAKNA IKLAN AQUA, UNILEVER, DAN DANCOW DALAM KONTEKS ISU BOIKOT PRODUK ISRAEL (SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2890Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kegagalan seruan publik dunia untuk menghentikan serangan Israel ke Palestina melahirkan aksi boikot tehadap produk yang dianggap terafiliasi Israel. Seruan boikot ini membuat banyak produk di Indonesia mengalami imbas penurunan penjualan. Meskipun klarifikasi telah dilakukan klarifikasi tentang isu boikot dari pihak terkait namun tidak menyurutkan seruan aksi boikot saat itu. Oleh karena itu beberapa perusahaan mengeluarkan iklan yang secara langsung atau tidak, bermakna sebagai respon terhadap aksi boikot. Iklan adalah sarana komunikasi persuasif yang bertujuan mempengaruhi dan membujuk masyarakat untuk menggunakan suatu produk baik barang ataupun jasa. Melalui iklan yang dikeluarkan baik di televsi ataupun media sosial terdapat maksud dan makna untuk membujuk penonton terkait produk yang terboikot. Penelitian ini menganalisis makna dalam iklan Aqua versi 100% Murni 100% Indonesia, iklan Unilever versi Produk Halal, dan iklan Dancow vesi Hanya ada di Indonesia yang rilis di tengah masa isu boikot terhadap produk Israel. Penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif menggunakan teori semiotika Roland Bartthes. Dari hasil penelitian didapatkan ketiga iklan memiliki makna denotatif mempromosikan produk, secara konotatif merespon isu boikot produk, dan mitos yang dikaitkan dengan budaya yang bertentangan dengan prinsip perang, dan penegasan bahwa produk mereka halal dengan temuan beberapa konsep persamaan dalam iklan, yaitu 1) ketiga iklan rilis setelah adanya isu boikot anti produk Israel, 2) Menampilkan kedekatan dengan Islam dengan memakai visual wanita berhijab, 3) Menekankan sertifikasi halal MUI, 4) Adanya sejarah singkat perusahaan dan gambaran sumber bahan produk, 5) Penggunaan simbol-simbol yang membangkitkan nasionalisme. Kata kunci : Aqua, Boikot, Dancow, Iklan, Nestle, Semiotika Roland Barthes.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S2-Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2507345840 Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2025 00:36
Terakhir diubah: 19 Dec 2025 00:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94498

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir