HUBUNGAN REGULASI EMOSI DAN ADAPTASI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2024

NADILA , - (2025) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DAN ADAPTASI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (1).pdf

Download (236Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL (1).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1837Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (1).pdf

Download (1774Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan adaptasi yang dialami oleh mahasiswa baru, yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan regulasi emosi dalam menghadapi transisi dari sekolah ke perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara regulasi emosi dengan kemampuan adaptasi pada mahasiswa baru di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala regulasi emosi dan skala adaptasi mahasiswa, dengan instrumen Emotion Regulation Questionnaire (ERQ) dan Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru angkatan 2024 sejumlah 103 orang, yang dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar p = 0,000; p < 0,05 dengan nilai koefisien korelasi r = 0,693. Hal ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosi dan adaptasi mahasiswa baru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kemampuan regulasi emosi yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan. Kata kunci: regulasi emosi, adaptasi, mahasiswa baru, bimbingan dan konseling

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2507134300 Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2025 07:22
Terakhir diubah: 23 Dec 2025 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94595

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir