Dwi Septi Anggraini, 1113053034 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 BUMIHARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (429Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (307Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (467Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 BUMIHARJO Oleh Dwi Septi Anggraini Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IVB SD Negeri 2 Bumiharjo, ditunjukkan hanya 9 siswa (42,85%) dari 21 siswa yang tuntas dengan KKM ≥ 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 56,66% dengan kategori “cukup aktif” meningkat sebesar (18,57%) menjadi 75,23% dengan kategori “aktif” pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,33 dengan kategori “tinggi” meningkat sebesar (8,05) menjadi 76,38 dengan kategori “tinggi” pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 57,14% dengan kategori “sedang” meningkat pada siklus II sebesar (23,82%) menjadi 80,96% dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 3207816 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 03:40 |
Terakhir diubah: | 04 Jun 2015 03:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10097 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |