PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 BUMIHARJO

Dwi Septi Anggraini, 1113053034 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 BUMIHARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (429Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (467Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 BUMIHARJO Oleh Dwi Septi Anggraini Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IVB SD Negeri 2 Bumiharjo, ditunjukkan hanya 9 siswa (42,85%) dari 21 siswa yang tuntas dengan KKM ≥ 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 56,66% dengan kategori “cukup aktif” meningkat sebesar (18,57%) menjadi 75,23% dengan kategori “aktif” pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,33 dengan kategori “tinggi” meningkat sebesar (8,05) menjadi 76,38 dengan kategori “tinggi” pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 57,14% dengan kategori “sedang” meningkat pada siklus II sebesar (23,82%) menjadi 80,96% dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, aktivitas, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 3207816 . Digilib
Date Deposited: 04 Jun 2015 03:40
Last Modified: 04 Jun 2015 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

View Item View Item