Dwi Septi Anggraini, 1113053034 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 BUMIHARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (429Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (307Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (467Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 BUMIHARJO Oleh Dwi Septi Anggraini Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IVB SD Negeri 2 Bumiharjo, ditunjukkan hanya 9 siswa (42,85%) dari 21 siswa yang tuntas dengan KKM ≥ 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 56,66% dengan kategori “cukup aktif” meningkat sebesar (18,57%) menjadi 75,23% dengan kategori “aktif” pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,33 dengan kategori “tinggi” meningkat sebesar (8,05) menjadi 76,38 dengan kategori “tinggi” pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 57,14% dengan kategori “sedang” meningkat pada siklus II sebesar (23,82%) menjadi 80,96% dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, aktivitas, hasil belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 3207816 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 03:40 |
Last Modified: | 04 Jun 2015 03:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |