EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN

Ria Dwi Yunita, 1113023055 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (355Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (336Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (416Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (428Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (461Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (226Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN Oleh RIA DWI YUNITA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Tahapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Keterampilan merencanakan terutama dilatihkan pada kegiatan mencoba. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 166 siswa dari seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dan ditetapkan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Efektivitas pendekatan ilmiah dianalisis berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada kelas eksperimen sebesar 0,47 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Berdasarkan pengujian hipotesis, rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada materi asam basa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Kata Kunci: asam basa, keterampilan merencanakan, n-Gain, pendekatan ilmiah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2671657 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 03:35
Terakhir diubah: 03 Jun 2015 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir