Ria Dwi Yunita, 1113023055 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (355Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (336Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (416Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (428Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (461Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (226Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN Oleh RIA DWI YUNITA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Tahapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Keterampilan merencanakan terutama dilatihkan pada kegiatan mencoba. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 166 siswa dari seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dan ditetapkan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Efektivitas pendekatan ilmiah dianalisis berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada kelas eksperimen sebesar 0,47 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Berdasarkan pengujian hipotesis, rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada materi asam basa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Kata Kunci: asam basa, keterampilan merencanakan, n-Gain, pendekatan ilmiah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2671657 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 03:35 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2015 03:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10098 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |