EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN

Ria Dwi Yunita, 1113023055 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (355Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (336Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (416Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (461Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN Oleh RIA DWI YUNITA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Tahapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Keterampilan merencanakan terutama dilatihkan pada kegiatan mencoba. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 166 siswa dari seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dan ditetapkan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Efektivitas pendekatan ilmiah dianalisis berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada kelas eksperimen sebesar 0,47 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Berdasarkan pengujian hipotesis, rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada materi asam basa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Kata Kunci: asam basa, keterampilan merencanakan, n-Gain, pendekatan ilmiah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 2671657 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 03:35
Last Modified: 03 Jun 2015 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

View Item View Item