Rohani, 1113053100 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 06 METRO BARAT TP 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMIRAN.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (289Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (655Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 06 METRO BARAT TP 2014/2015 Oleh ROHANI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 06 Metro Barat pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur kinerja guru, aktivitas siswa, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa. Tes tertulis digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase aktivitas siswa siklus I (68,96%) kategori aktif dan siklus II (82,75%) kategori sangat aktif, dengan peningkatan sebesar 13,79%. Meningkatnya hasil belajar siswa diketahui dari rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,53 dan pada siklus II sebesar 74,38 dengan peningkatan sebesar 5,85. Presentase ketuntasan belajar siswa siklus I (65,51%) dengan kategori tinggi dan pada siklus II (79,31%) dengan kategori tinggi, dengan peningkatan sebesar 13,8% Kata kunci : aktivitas belajar, cooperative script, hasil belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 7079202 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 07:33 |
Last Modified: | 03 Jun 2015 07:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |