Dewi Renita Sari, 1113053030 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (347Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (212Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (343Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (345Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (293Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (519Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 79 siswa hanya 25 siswa yang mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 67. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara dengan sampel kelas IVB sebagai kelas eksperimen, dan IVC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Analisis data menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning dengan media grafis terhadap hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen. Kata kunci: model problem based learning, media grafis, hasil belajar. PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA Oleh DEWI RENITA SARI Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat untuk Mencapai Gelar SARJANA PENDIDIKAN Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2015 Judul Skripsi : PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA Nama : Dewi Renita Sari Nomor Pokok Mahasiswa : 1113053030 Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan : Ilmu Pendidikan Fakultas : Keguruan dan IlmuPendidikan MENYETUJUI 1. Komisi Pembimbing Pembimbing I, Pembimbing II, Dr. Alben Ambarita, M.Pd. Dra. Hj. Yulina H., M.Pd.I. NIP 19570711 198503 1 004 NIP 19540722 198012 2 001 2. Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan , Dr. Riswanti Rini, M.Si. NIP 19600328 198603 2 002 MENGESAHKAN 1. Tim Penguji Ketua : Dr. Alben Ambarita, M.Pd. …………………. Sekretaris : Dra. Hj. Yulina H., M.Pd.I. .………………… Penguji Utama : Drs. Siswantoro, M. Pd ..………………… 2. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Hi. Bujang Rahman, M.Si. NIP 19600315 198503 1 003 Tanggal Lulus Ujian Skripsi: SURAT PERNYATAAN Saya yang bertanda tangan dibawah ini. Nama : Dewi Renita Sari NPM : 1113053030 Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan/Program Studi : Ilmu Pendidikan/Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali disebutkan di dalam daftar pustaka. Bandar Lampung, 1 April 2015 Dewi Renita Sari NPM 1113053030 RIWAYAT HIDUP Peneliti dilahirkan di desa Batangharjo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, pada tanggal 15 Oktober 1993. Peneliti merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara, dari pasangan Bapak Kodam dan Ibu Sunarmi. Pendidikan formal peneliti dimulai dari SD Negeri 2 Batangharjo, Kecamatan Batanghari, Lampung Timur pada tahun 1999–2005. Peneliti melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Batanghari dan selesai pada tahun 2008. Pendidikan Sekolah Menengah Atas ditempuh di SMK Negeri 1 Metro dan selesai pada tahun 2011. Selanjutnya pada tahun 2011 peneliti terdaftar sebagai mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Motto “Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali do’a, dan tidak ada yang menambah umur kecuali kebaikan.” (HR. At-Tirmidzi) Semua niat baik, tindakan baik, dan do’a yang baik akan memberikan hasil yang terbaik. (Dewi Renita Sari) PERSEMBAHAN Dengan mengucap syukur kehadirat Allah Swt, aku persembahkan karya istimewa ini untuk: Ayah dan Ibuku tercinta yang senantiasa dengan tulus ikhlas mendidik dan membimbingku, memberikanku limpahan kasih sayang, serta memanjatkan do’a dalam setiap sujudnya demi menantikan keberhasilanku. Kedua kakakku Siti Nurjanah dan Dian Puspitasari yang selalu mengingatkanku untuk tetap semangat dalam menghadapi semua kesulitan yang ada. Keponakanku tercinta Keisha Zafira Ardiansyah yang selalu memberikan keceriaan di sela hari-hariku. Keluarga besarku yang tak henti mendoakan dan mendorongku agar menjadi seseorang yang sukses dan menjadi kebanggaan keluarga. Almamater Tercinta Universitas Lampung SANWACANA Puji dan syukur peneliti ucapkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara Tahun Pelajaran 2014/2015”. Dengan kerendahan hati peneliti mengucapkan terima kasih kepada: 1. Bapak Prof. Dr. Ir. Hi. Sugeng P. Hariyanto, M.S., selaku Rektor Universitas Lampung yang telah memberikan kontribusi untuk memajukan Universitas Lampung untuk menjadi lebih baik. 2. Bapak Dr. Hi. Bujang Rahman, M.Si., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung yang telah memfasilitasi dan memberikan dukungan untuk menyelesaikan skripsi ini. 3. Ibu Dr. Riswanti Rini, M.Si., Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung yang telah memberikan sumbangsih untuk kemajuan program studi PGSD. 4. Bapak Dr. Hi. Darsono, M. Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Lampung yang telah berkontribusi memajukan program studi S1 PGSD dan menyetujui judul-judul skripsi hingga terwujudnya skripsi ini. 5. Bapak Drs. Siswantoro, M.Pd., Koordinator Kampus B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, sekaligus sebagai penguji yang telah memberikan masukan dan saran yang membangun dan bermanfaat, mulai dari seminar proposal hingga ujian skripsi. 6. Ibu Dra. Hj. Yulina H, M.Pd.I, Pembimbing Akademik sekaligus Pembimbing II yang telah meluangkan waktu, tenaga, pikiran serta saran dalam membantu penyusunan skipsi ini. 7. Bapak Dr. Alben Ambarita, M. Pd., Pembimbing I yang telah membantu, membimbing, memberikan arahan dan nasehat dengan penuh ketulusan baik selama kuliah maupun dalam menyelesaikan skripsi. 8. Seluruh Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang telah memberikan masukan dan membantu kelancaran penyusunan skripsi ini. 9. Ibu Herawati, S.Pd.I, Kepala SD Negeri 4 Metro Utara yang telah memberi izin kepada peneliti untuk melaksanakan penelitian di sekolah tersebut. 10. Ibu Jariah, A.Ma.Pd., guru kelas IVB, dan Ibu Eka Prasetyawati, S.Pd., guru kelas IVC yang telah membantu dan memberikan kesempatan kepada peneliti untuk melakukan penelitian di kelas IVB dan IVC. 11. Sahabat-sahabatku tercinta (Tiwi, Tata, Umi, Tavi, Kak Tri, Ana, Astri, Nanda, Fitri, Melin, Debi, Heni) yang senantiasa memberiku semangat dan motivasi dalam keadaan apapun. 12. Teman-teman satu kelompok KKN (Risa, Dianty, Nurlita, Dona, Dara, Cumai, Ahmad, dan Ryan). 13. Teman-teman seperjuangan PGSD angkatan 2011 khususnya kelas B. Semoga kita dapat mewujudkan mimpi-mimpi kita. 14. Saudara Amri Adly yang senantiasa sabar dan meluangkan waktunya untuk membantu peneliti dalam menyelesaikan skripsi ini. 15. Seluruh pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan skripsi ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Akhir kata, peneliti menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan namun sedikit harapan semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Metro, 13 Mei 2015 Peneliti Dewi Renita Sari NPM 1113053030
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9844484 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 08:41 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2015 08:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10128 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |