PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA MELALUI PENILAIAN OTENTIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN INQUIRY

SAMSURYATI, 1113022054 (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA MELALUI PENILAIAN OTENTIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN INQUIRY. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTTO.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (264Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (358Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

Sains berkaitan dengan mencari tahu tentang alam secara sistematis, sains tidak hanya merupakan penguasaan konsep, fakta, prinsip, tetapi siswa juga terlibat dalam pengalaman empirik melalui pendekatan saintifik. Sementara, model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pendekatan saintifik antara lain model pembelajaran discovery dan inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan sains siswa antara model pembelajaran discovery dengan inquiry, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan hasil belajar sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun 2014-2015 dengan kelas VIIF dan VIIG sebagai sampel penelitian. Data hasil belajar sains siswa diperoleh melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-tes dan uji two way anova bahwa terdapat perbedaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sains siswa antara model pembelajaran discovery dengan inquiry. Pada model pembelajaran inquiry, sikap dan keterampilan sains siswa lebih tingggi dari pada model pembelajaran discovery, sedangkan pada model pembelajaran discovery pengetahuan sains siswa lebih tinggi dari pada model pembelajaran inquiry. Pada hasil analisis data menggunakan uji two way anova terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan hasil belajar, yakni terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap dan pengetahuan sains siswa, sementara tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan sains siswa. Kata kunci: discovery, hasil belajar, inquiry, keterampilan, sikap.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 6678494 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 09:13
Terakhir diubah: 03 Jun 2015 09:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir