Sulaiman, Sri Puji Lestari (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP TRIMULYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Download (496Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1111Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini membahas masalah kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Trimulya semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar yakni kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Trimulya semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Trimulya tahun pelajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Trimulya dilakukan tes kemampuan menulis puisi berdasarkan pengamatan terhadap objek atau benda di lingkungan sekolah. Sedangkan untuk memperoleh data aktivitas belajar guru dan siswa diperoleh ii melalui lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa yang dilakukan oleh kolaborator. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus 1 dilaksanakan pada 12 April 2013, sedangkan siklus 2 dilaksanakan pada 10 Mei 2013. Pada siklus 1 penulisan puisi dilakukan di dalam kelas setelah melakukan pengamatan terhadap objek di luar kelas, sedangkan pada siklus 2 penulisan puisi dilakukan di luar kelas yaitu pada saat siswa sedang mengamati objek. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi mengalami peningkatan. Pada siklus 1 kemampuan menulis puisi mencapai rata-rata 62 dengan klasifikasi cukup atau meningkat sebesar 4%. Pada siklus 2 kemampuan menulis puisi mencapai rata-rata 74 dengan klasifikasi cukup atau meningkat sebesar 12%. Pada siklus 2 siswa yang memperoleh nilai ketuntasan mencapai 28 siswa atau 93,33%.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PK Indo-Iranian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 04:22 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 04:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1015 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |