PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARADATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Novita Wella Sari, 1013052037 (2015) PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARADATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (337Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARADATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh NOVITA WELLA SARI Masalah penelitian ini adalah perilaku asertif siswa di sekolah rendah. Permasalahannya adalah “Apakah teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu Tahun Pelajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan sosiodrama terhadap peningkatan perilaku asertif siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu. Metode penelitian adalah metode quasi eksperimen desain equivalent time series. Subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa yang perilaku asertifnya rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kemunculan perilaku asertif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku asertif siswa disekolah setelah kegiatan sosiodrama, terbukti dari hasil analisis data observasi pretest-postest menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test yang menunjukkan thitung (-2,803) < ttabel (8). Dengan demikian Ha diterima, artinya teknik sosiodrama sangat efektif digunakan untuk peningkatan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kesimpulannya adalah teknik sosiodrama dapat digunakan untuk Peningkatan Perilaku Asertif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang diberikan adalah (1) Kepada siswa hendaknya mengikuti kegiatan sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif diri di sekolah, (2) Kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya mengadakan kegiatan sosiodrama secara rutin untuk meningkatkan perilaku asertif di sekolah (3) Para peneliti hendaknya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan layanan, pendekatan, dan teknik yang sama tetapi dengan masalah yang berbeda, jumlah materi sosiodrama serta subyek yang berbeda. Kata kunci: bimbingan dan konseling, perilaku asertif, sosiodrama

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QP Physiology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: 2471732 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:48
Last Modified: 08 Jun 2015 04:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item