Muhammad Asrul Faehani, 1113053065 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 04 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
Text
MENYETUJUI.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
|
Text
MENGESAHKAN.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (312Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (279Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (423Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (781Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa hanya sebesar 45% dari 22 orang siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe team assisted individualization. Penelitian ini menggunakaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai motivasi belajar siswa pada siklus I mendapat kategori “baik” dengan nilai 67, siklus II mendapat kategori “baik” dengan nilai 70. Persentase ketuntasan motivasi siswa pada siklus I adalah 77% dengan kategori “baik”, meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kategori “sangat baik”. Rata-rata hasil belajar pada siklus I mencapai 62 dengan kategori “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 70 dengan kategori “baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 27%, dengan kategori “rendah” meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, motivasi siswa, team assisted individualization.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 7554179 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 07:35 |
Last Modified: | 10 Jun 2015 07:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10192 |
Actions (login required)
View Item |