PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 04 METRO BARAT

Muhammad Asrul Faehani, 1113053065 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 04 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (312Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (781Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa hanya sebesar 45% dari 22 orang siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe team assisted individualization. Penelitian ini menggunakaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai motivasi belajar siswa pada siklus I mendapat kategori “baik” dengan nilai 67, siklus II mendapat kategori “baik” dengan nilai 70. Persentase ketuntasan motivasi siswa pada siklus I adalah 77% dengan kategori “baik”, meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kategori “sangat baik”. Rata-rata hasil belajar pada siklus I mencapai 62 dengan kategori “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 70 dengan kategori “baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 27%, dengan kategori “rendah” meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, motivasi siswa, team assisted individualization.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 7554179 . Digilib
Date Deposited: 10 Jun 2015 07:35
Last Modified: 10 Jun 2015 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item