PENGARUH AKTIVITAS PADA SCAFFOLDING DALAM KONTEKS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP KALOR

NUR AINI, 1113022042 (2015) PENGARUH AKTIVITAS PADA SCAFFOLDING DALAM KONTEKS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP KALOR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (294Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (286Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang cukup sulit. Anggapan inilah yang membuat siswa kurang memiliki rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap fisika sehingga kemampuan bertanya siswa rendah, dan berdampak pada rendahnya hasil belajar fisika. Untuk itu telah dilakukan penelitian untuk melihat aktivitas pada scaffolding yang baik dapat mempengaruhi hasil belajar fisika siswa yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas pada scaffolding dalam konteks scientific approach terhadap hasil belajar konsep kalor. Strategi scaffolding merupakan strategi berbantuan oleh guru kepada siswa dalam proses pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat saling berinteraksi satu sama lain dan dapat mendorong kemampuan bertanya yang lebih tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIi SMPN 1 Gedongtataan, Kab. Pesawaran pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 orang. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan teknik random tak terbatas yaitu random sederhana. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas pada scaffolding dalam konteks scientific approach terhadap hasil belajar konsep kalor sebesar 47% dengan persentase rata-rata aktivitas pada scaffolding adalah sebesar 69,95% dengan kategori tinggi, sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah sebesar 73,68 dengan kategori tinggi. Kata kunci: Scaffolding, hasil belajar, scientific approach

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Karya Karya Umum = 000
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 6966642 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2015 03:04
Terakhir diubah: 12 Jun 2015 03:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10216

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir