DESI RESTI FAUZI, 1113053027 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 ADIREJO PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (328Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (395Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (276Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (202Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (378Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (854Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88Kb) | Preview |
Abstrak
salah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Adirejo yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa aktif dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I (60,8) persentase (52,4%) kriteria “Cukup Aktif,” siklus II (64,2) persentase (66,7%) kriteria “Aktif,” dan siklus III (75,1) persentase (81,0%) kriteria “Sangat Aktif.” Nilai rata-rata hasil belajar secara berturut-turut yaitu kognitif siklus I (57) persentase (61,9%) kategori “Sedang,” siklus II (64,2) persentase (71,4%) kategori “Sedang,” siklus III (74,6) persentase (85,7%) kategori “Tinggi.” Afektif siklus I (64,4) persentase (52,4%) kategori “Rendah,” siklus II (74,3) persentase (71,4%) kategori “Sedang,” dan siklus III (83,3) persentase (90,5%) kategori “Sangat Tinggi.” Psikomotor siklus I (65,9) persentase (47,6%) kategori “Rendah,” siklus II (73,2) persentase (66,7%) kategori “Sedang,” dan siklus III (83,0) persentase (85,7%) kategori “Tinggi.” Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan kontekstual.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 9903502 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 03:18 |
Last Modified: | 12 Jun 2015 03:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |