DITA WIDIASTUTI, 1113031020 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROJECT-BASED LEARNING. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3894b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (382Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (633Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (65Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROJECT-BASED LEARNING Oleh DITA WIDIASTUTI Penelitian dilatarbelakangi oleh belum diterapkannya model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menemukan dan membangun sendiri pengetahuannya, cenderung tradisional, berpusat pada guru dan bersifat menghafal. Hal ini diduga menyebabkan masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Alternatif solusi yaitu penerapan model pembelajaran DL dan PjBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa dan efektivitas model pembelajaran DL dan PjBL pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pagelaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2014/2015. Melalui teknik cluster sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas VII 6 sebagai kelas eksperimen dan VII 7 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model DL sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi tes akhir sebesar 97 dan nilai terendah 63 dengan rata-rata 80,06 sedangkan pada kelas kontrol, nilai tertinggi tes akhir sebesar 93 dan nilai terendah 60 dengan rata-rata sebesar 75,19. Uji gain pada kelas eksperimen sebesar 0,527 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,412. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan model DL lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar daripada model PjBL. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, project-based learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2650294 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 07:00 |
Terakhir diubah: | 12 Jun 2015 07:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10233 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |