PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement Divisions (STAD) MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN OLEH SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP 2012/2013)

Erwidiansyah Tavip , NADIA ANANDINA ARTA (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement Divisions (STAD) MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN OLEH SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (505Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (478Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (259Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (283Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3606Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe STAD melalui media video dalam peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa kelas X SMAN 7 Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah tes awal-tes akhir tak equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 8 dan X 9 yang ditetapkan secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui bantuan program SPSS 16, dan data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan dianalisis dengan menggunakan indeks aktivitas belajar siswa dengan menghitung rata–rata skor aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (eksperimen = 80,49; kontrol = 77,93). Selain itu, rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 71,35; kontrol = 48,95). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media video berpengaruh tidak secara signifikan dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi Pencemaran Lingkungan oleh siswa. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif STAD, penguasaan materi, Pencemaran Lingkungan, media video, aktivitas belajar siswa

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 10 Feb 2014 08:47
Last Modified: 10 Feb 2014 08:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item