PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MODEL GALLERY WALK (GW) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen Semu Pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013)

Adam, WARTINI OKTARINA (2013) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MODEL GALLERY WALK (GW) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen Semu Pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (270Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (373Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (345Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (9Mb)

Abstrak

Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok sistem ekskresi yang menggunakan model pembelajaran TSTS dengan GW. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian berupa N- gain yang diperoleh dari nilai pretest pada pertemuan pertama dan nilai postest pada pertemuan ketiga. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain pemahaman konsep oleh siswa pada kelas TSTS (44,51) lebih besar daripada kelas GW (36,51). Selain itu, rata-rata peningkatan pemahaman konsep semua indikator yang diamati pada kelas yang menggunakan model pembelajaran TSTS rata-rata postesnya adalah 72,95 (lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran GW ) dengan rata-rata postesnya 68,50. Rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelas dalam semua aspek yang diamati pada kelas TSTS sebesar 84,76 % (lebih tinggi dibandingkan dengan kelas GW) sebesar 52,92 %. Berdasarkan uraian hal tersebut, dapat disimpulkan ada perbedaan penguasaan konsep dengan aktivitas belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi pada siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model dengan GW. Kata kunci : Two Stay Two Stray, Gallery Walk, Penguasaan konsep, Aktivitas belajar, Sistem Ekskresi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Feb 2014 07:05
Last Modified: 11 Feb 2014 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item