RIA WAHYU PERTIWI, 1113137023 (2015) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO UTARA TAHUN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (231Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (298Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (407Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan guru IPS SD Negeri 6 Metro Utara, banyaknya pemahaman yang kurang terhadap materi dalam pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan masih terpusatnya pembelajaran IPS pada guru (teacher center), pembelajaran IPS masih terpaku pada buku pembelajaran dan belum maksimalnya penggunaan media gambar. Sehingga menyebabkan rendahnya partisipasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 6 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada kelas V SD Negeri 6 Metro Utara Tahun 2014/2015 dengan menggunakan media gambar dan model CTL Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Pengamatan 4. Refleksi.. Alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dengan model CTL pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari rata-rata partisipasi siswa pada siklus I adalah 58,76, siklus II sebesar 65,42 dan siklus III 75,52 masuk dalam kriteria baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 41,67, siklus II sebesar 69,65 dan siklus III 74,17 dengan kriteria baik. Diperoleh ketuntasan pada siklus I sebanyak 46,67%, siklus II sebanyak 66,67 dan siklus III sebanyak 80% masuk dalam kriteria baik. Kata Kunci: Partisipasi Siswa, Hasil Belajar, Media Gambar Model CTL.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5908673 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 08:01 |
Terakhir diubah: | 24 Jun 2015 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10436 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |