Putri Pertiwi, 1014051045 (2015) STUDI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP GULA SEMUT KELAPA DI UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (275Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (242Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (307Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (279Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK STUDI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP GULA SEMUT DI UNIVERSITAS LAMPUNG Oleh PUTRI PERTIWI Gula merah sebagai bahan pemanis alami masih banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki aroma dan rasa yang khas karamel palma. Namun gula merah cetak memiliki kekurangan, diantaranya mudah meleleh dan menjamur bila disimpan dalam waktu lama, juga kurang praktis dalam penggunaannya. Salah satu cara untuk mengatasi kelemahan gula merah cetak adalah memodifikasi bentuknya menjadi granula-granula atau kristal dan sering sebagai gula semut. Gula semut memiliki banyak kelebihan dibandingkan gula merah cetak, namun penggunaan gula semut dimasyarakat masih sangat terbatas, karena minimnya pengetahuan tentang gula semut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu preferensi konsumen terhadap produk gula semut kelapa dan kesukaanya pada atribut-atribut sensori produk seperti rasa, aroma dan bentuk dari gula semut, serta harapan konsumen terhadap gula semut kelapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei menggunakan kuesioner. Data yang didapat dari hasil survei preferensi konsumen selanjutnya dilakukan analisis faktor menggunakan metode Kaiser-Mayer-Olkin (KMO). Adapun tingkat kesukaan responden terhadap gula semut secara keseluruhan dilakukan dengan uji tingkat kesukaan skala hedonik, dan dianalisis lanjut dengan menggunakan metode t-test. Hasil penelitian menunjukan faktor penentu preferensi gula semut adalah segi kualitas produk, meliputi penggunaan lebih mudah dan praktis, rasa yang lebih manis, memiliki aroma yang lebih khas, memiliki umur simpan yang lebih lama serta terasa atau Nampak lebih murnidan kering. Konsumen sudah puas terhadap warna, bentuk dan penerimaan keseluruhan dari gula semut yang disajikan. Namun konsumen berharap ada variasi ukuran 250 g dan model kemasan sachet dan pouch. Kata kunci : analisis faktor, gula semut, preferensi, uji T ABSTRACT PREFERENCE CONSUMERS STUDY OF PALM CRYSTAL SUGAR IN UNIVERSITY OF LAMPUNG By PUTRI PERTIWI Palm sugar as a natural sweetener still used by most of people in society because of the flavour and the special taste from palm caramel. However, palm sugar has its own weaknesses, such as easy to melt and moldy if we keep in a long time saving, and it less practical in using. One of the way to solve of palm sugar’s weaknesses is by modified the shape of palm sugar to granulates or cristal called as palm crystal sugar. Palm crystal sugar has more strengthness than palm sugar, but the utilizing of palm crystal sugar in society are still limited because of the limited information of palm crystal sugar. This research is supposed to know the determinants of consumer preference towards products of palm crystal sugar and fondness for the sensory attributes of the product such as taste, flavour and shape of palm crystal sugar, as well as consumer expectations for palm crystal sugar. This research use survey method by using quesioner. Data gotten from preference consumers survey then do the ‘analyze factor’ by using Kaiser-Mayer-Olkin (KMO) method. Meanwhile the level of respondences pleasure toward palm crystal sugar do by hedonic test. The result of hedonic test will be analyze by using t-test method. The results showed determinants of palm crystal sugar preference is in quality product, it is including more convenient and practical to use, sweeter taste, has a distinctive aroma, have longer shelf life and more pure or dry. Consumers are satisfied with the color, shape and the overall acceptance of the palm crystal sugar which presented. However, consumer hope that there are variations in the size 250 g and in packaging such sachet and pouches. Keywords : factor analys, palm crystal sugar, preference, t-test
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Pertanian ( Umum ) |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian |
Pengguna Deposit: | 934682 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jun 2015 03:12 |
Terakhir diubah: | 25 Jun 2015 03:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10457 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |