PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Nike Yuni Winanti, 1113022038 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (287Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (284Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA Oleh Nike Yuni Winanti Pembelajaran fisika merupakan wahana bagi siswa untuk melakukan inkuiri dan menanamkan nilai-nilai sains. Melalui pendekatan nilai yang mengandung nilai-nilai sains diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan prinsip sains dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa, (2) sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Quassy Experimental dengan desain Pre test-Post test Nonequivalent Control Group Design, yakni satu kelompok subjek diberi perlakuan tertentu (eksperimen), sementara satu kelompok lain dijadikan sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 17.0 yaitu uji Independent Sample T Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai sebesar 0,73 (kategori tinggi) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional diperoleh skor rata-rata N-gain hasil belajar siswa sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai lebih baik digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, serta dapat menumbuhkan sikap positif siswa. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, pendekatan nilai, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 2016810 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2015 02:52
Last Modified: 27 Jun 2015 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

View Item View Item