Nike Yuni Winanti, 1113022038 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I .pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III .pdf Download (287Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (284Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA Oleh Nike Yuni Winanti Pembelajaran fisika merupakan wahana bagi siswa untuk melakukan inkuiri dan menanamkan nilai-nilai sains. Melalui pendekatan nilai yang mengandung nilai-nilai sains diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan prinsip sains dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa, (2) sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Quassy Experimental dengan desain Pre test-Post test Nonequivalent Control Group Design, yakni satu kelompok subjek diberi perlakuan tertentu (eksperimen), sementara satu kelompok lain dijadikan sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 17.0 yaitu uji Independent Sample T Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai sebesar 0,73 (kategori tinggi) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional diperoleh skor rata-rata N-gain hasil belajar siswa sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai lebih baik digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, serta dapat menumbuhkan sikap positif siswa. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, pendekatan nilai, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2016810 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Jun 2015 02:52 |
Terakhir diubah: | 27 Jun 2015 02:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10530 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |