PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Nike Yuni Winanti, 1113022038 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I .pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II .pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III .pdf

Download (287Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV .pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (284Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA Oleh Nike Yuni Winanti Pembelajaran fisika merupakan wahana bagi siswa untuk melakukan inkuiri dan menanamkan nilai-nilai sains. Melalui pendekatan nilai yang mengandung nilai-nilai sains diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan prinsip sains dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa, (2) sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Quassy Experimental dengan desain Pre test-Post test Nonequivalent Control Group Design, yakni satu kelompok subjek diberi perlakuan tertentu (eksperimen), sementara satu kelompok lain dijadikan sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 17.0 yaitu uji Independent Sample T Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai sebesar 0,73 (kategori tinggi) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional diperoleh skor rata-rata N-gain hasil belajar siswa sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai lebih baik digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, serta dapat menumbuhkan sikap positif siswa. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, pendekatan nilai, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2016810 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2015 02:52
Terakhir diubah: 27 Jun 2015 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir