HUBUNGAN ANTARA GENDER DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH

YOGI FITRIANI, 1113024073 (2015) HUBUNGAN ANTARA GENDER DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (249Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (236Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (281Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (334Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Kemampuan memecahkan masalah merupakan suatu aspek yang sangat penting dilihat dari kegunaannya untuk mencari solusi dalam memecahkan masalah kehidupan seharihari. Memecahkan masalah membutuhkan daya analitis yang tinggi sehingga dapat melatih siswa untuk mampu menempatkan diri pada berbagai macam situasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara gender dengan kemampuan memecahkan masalah dan perbedaan kemampuan diantara kedua gender dalam memecahkan masalah. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas X MIASMA Negeri 1 Pringsewu. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan siswa dan keterlibatan siswa dalam memecahkan masalah serta tanggapan siswa terhadap model Pembelajaran Berbasis Masalah. Data kuantitatif berupa nilai siswa yang diperoleh dari hasil tes. Data yang telah diperoleh Yogi Fitriani diuji secara statistik menggunakan uji korelasi (Product Moment), uji Mann-Whitney U, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara gender dengan kemampuan memecahkan masalah dengan koefisien korelasi 0,317. Secara umum, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki dan perempuan. Sebaliknya, hasil analisis indikator pemecahan masalah menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan pada sebagian besar indikator pemecahan masalah. Tidak signifikannya perbedaan antara kedua gender pada semua indikator pemecahan masalah ini disebabkan karena sebagian besar dari mereka sama-sama terlibat aktif dalam memecahkan masalah dan menunjukkan predikat yang baik. Meskipun begitu, siswa laki-laki cenderung lebih aktif dan lebih banyak yang terlibat dalam proses pemecahan masalah daripada siswa perempuan. Kata Kunci: gender, kemampuan, memecahkan masalah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 4136182 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:56
Terakhir diubah: 30 Jun 2015 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir