I Nyoman Saber, NI MADE PURNAMA RINI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (160Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (239Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3548Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan siswa. Sample dalam penelitian ini adalah siswa SMA Persada Bandar Lampung kelas X3 dan kelas X4 semester genap Tahun Ajaran 2012- 2013. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,39 dan 0,68 dan rerata n-gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing- masing 0,44 dan 0,66. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan. Kata kunci: pembelajaran, problem solving, keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 04:25 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2014 04:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1073 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |