EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN

I Nyoman Saber, NI MADE PURNAMA RINI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
3. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
10.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (160Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (239Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3548Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan siswa. Sample dalam penelitian ini adalah siswa SMA Persada Bandar Lampung kelas X3 dan kelas X4 semester genap Tahun Ajaran 2012- 2013. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,39 dan 0,68 dan rerata n-gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing- masing 0,44 dan 0,66. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan. Kata kunci: pembelajaran, problem solving, keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 12 Feb 2014 04:25
Terakhir diubah: 12 Feb 2014 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir