EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN

I Nyoman Saber, NI MADE PURNAMA RINI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (160Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3548Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan siswa. Sample dalam penelitian ini adalah siswa SMA Persada Bandar Lampung kelas X3 dan kelas X4 semester genap Tahun Ajaran 2012- 2013. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,39 dan 0,68 dan rerata n-gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing- masing 0,44 dan 0,66. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan. Kata kunci: pembelajaran, problem solving, keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan,

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 12 Feb 2014 04:25
Last Modified: 12 Feb 2014 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item