Chintia Monalia, 1113024009 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERTULIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Pengudi Luhur, Bandar Lampung Tahun Pelajaran 20142015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (262Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (338Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1095Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan berkomunikasi tertulis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C berjumlah 21 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa rata-rata nilai keterampilan berkomunikasi tertulis siswa yang diperoleh dari tugas paper dan dianalisis melalui lembar observasi keterampilan tertulis, serta data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterampilan berkomunikasi tertulis siswa kelas eksperimen untuk keseluruhan memperoleh kriteria “Baik” (81,19 ± 0,10) . Keterampilan menuliskan tanggapan/komentar bersesuaian dengan permasalahan memperoleh nilai 86,9 dengan kriteria “Sangat Baik”, siswa dapat menuliskan tanggapan/komentarnya berdasarkan wacana yang terdapat dalam paper. Keterampilan menuliskan tanggapan/komentar secara kritis dan logis memperoleh nilai 77,38 dengan kriteria “Baik”, siswa dapat menuliskan komentar/tanggapannya secara kritis dan logis terhadap wacana dalam paper. Keterampilan menuliskan solusi yang tepat memperoleh nilai 84,56 dengan kriteria “Baik”, siswa dapat menuliskan solusi yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk mengatasi pencemaran tanah dengan tepat. Keterampilan menuliskan kesimpulan yang logis memperoleh nilai 82,14 dengan kriteria “Baik”, siswa dapat menuliskan keterkaitan antara tanggapan/komentar dan solusi mengenai peran manusia dalam mengatasi pencemaran tanah. Keterampilan menulis siswa juga diikuti dengan pengejaan, tata bahasa, dan kerapihan tulisan memperoleh nilai 75 dengan kriteria “Baik”, siswa dapat menuliskan tanggapan/komentar, solusi, dan kesimpulan menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Keterampilan berkomunikasi yang baik ternyata diikuti oleh peningkatan hasil belajar. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretest 53,33, nilai posttest 90 dan N-gain 78,75. Serta rata-rata indikator kognitif C2 15,50; C3 18,17; dan C4 11,02. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi tertulis dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : model pembelajaran PBL, keterampilan berkomunikasi tertulis, hasil belajar, dan pengelolaan lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 3490189 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 07:51 |
Terakhir diubah: | 09 Jul 2015 07:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11068 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |