PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem)

Khoirunnisa, 1113024036 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (367Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem. Desain penelitian adalah desain control group pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning diperoleh dari angket dan penilaian kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari jawaban lembar kerja siswa (LKS) yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan postest, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis siswa dalam semua indikator pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada indikator melakukan induksi sebesar 79%, indikator melakukan evaluasi 73%, indikator melakukan deduksi 79% dan indikator memberikan argumen 76%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretest (34,72); postest (75,82); dan N-gain (61,92). Selain itu, sebagian besar siswa (86,75%) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem. Kata kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Ekosistem

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 979110 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2015 02:31
Last Modified: 15 Jul 2015 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item