Bambang Endro Sumpeno , VIVI RATNASARI (2013) ABSTRAK PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (134Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (127Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (127Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (314Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (320Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (92Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1005Kb) |
Abstrak
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun faktor internal. Salah satu faktor eksternal siswa yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar adalah lingkungan sosial, sedangkan faktor internal salah satunya adalah disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Ada pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013. 2. Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013. 3. Ada Pengaruh lingkungan sosial dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013, yaitu berjumlah 66 siswa. Pengambilan sampel berjumlah 56 siswa dilakukan dengan Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Cochran. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh lingkungan sosial dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan koofisien korelasi(R) = 0,745 dan koofisien determinasi(R 2 ) = 0,556, yang berarti hasil belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan disiplin belajar siswa sebesar 55,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Ada pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. 3. Ada pengaruh lingkungan sosial dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci: Lingkungan Sosial, Disiplin Belajar, Hasil Belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 19 Feb 2014 08:39 |
Last Modified: | 19 Feb 2014 08:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1136 |
Actions (login required)
View Item |