Made Oktavia Sri Rahayu, 1113024038 (2015) PENGARUH ACTIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (333Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (303Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pengelolaan lingkungan melalui model pembelajaran active learning. Desain penelitian adalah pretest-postest non ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIb dan VIIc yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi siswa dengan pelakuan menggunakan model pembelajaran active learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terlihat pada rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 68,6 berbeda signifikan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 33,6. Hasil rata-rata persentase observasi aktivitas belajar siswa memiliki kriteria baik (86,11%). Dengan demikian penggunaan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pengelolaan lingkungan. Kata kunci: active learning, aktivitas belajar, hasil belajar, pengelolaan lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 8489114 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 06:54 |
Terakhir diubah: | 30 Jul 2015 06:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11392 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |