Kyky Zeptiana, 1113034044 (2015) AKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN PENDEKATAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 MARTAPURA KABUPATEN OKU TIMUR PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (310Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (238Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (340Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (586Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran quantum learning pendekatan peta pikiran dengan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer di SMA Negeri 1 Martapura Kabupaten Oku Timur Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 39 siswa dan 37 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, dengan pengambilan sampel 2 kelas dari jumlah populasi sebanyak 4 kelas. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengumpulkan data tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test), dan menggunakan lembar observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa. Analisis yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran quantum learning pendekatan peta pikiran dengan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional digunakan analisis uji t-test. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Learning pendekatan peta pikiran dengan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional. Kata kunci: aktivitas penerapan quantum learning, peta pikiran, konvensional, dan hasil belajar. THE ACTIVITIES OF QUANTUM LEARNING MODEL APPLICATION AND MIND MAP APPROACH TO STUDENT’S LEARNING RESULT IN GEOGRAPHY SUBJECT OF GRADE X IN STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 IN MARTAPURA OF EAST OKU DISTRICT OF SOUTH SUMATERA PROVINCE IN 2014/2015 The objective of this research was to find out the activity differences and student’s learning result between students who used quantum learning and mind map approach and those students who used conventional learning model in hydrosphere material of geography subject in State Senior High School 1 in Martapura of East Oku district of South Sumatera province. This was a quasiexperiment research and research subjects were 39 students of Grade X in X IIS 1 classroom and 37 students of Grade X in X IIS 2 classroom. Samples were taken using purposive sampling, by taking two classrooms from population of 4 classrooms. Data were collected with pretest and posttest instruments, by using observation sheets to obtain data of students’ activities. Data were analyzed using t-test analysis. The results showed that there were differences of students’ activities and learning results between students who used quantum learning and mind map approach and those students who used conventional model. Keywords : quantum learning application activity, mind map, conventional, and learning result.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > G Geography (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Depositing User: | 7631840 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Aug 2015 08:18 |
Last Modified: | 10 Aug 2015 08:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |