MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS IV S D N E G E R I 1 S U M B E R A G U N G TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

1013069062, JULITA (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS IV S D N E G E R I 1 S U M B E R A G U N G TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (900Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TES.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
skripsi julita.pdf

Download (861Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BABV.pdf

Download (620Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (2745Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Negeri 1 Sumber Agung belum mencapai nilai 60 dari 30 siswa. Guru hanya mengandalkan satu sumber buku sebagai bahan ajar dan menerapkan materi pelajaran dengan berceramah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa oleh guru dibutuhkan penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode latihan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumber Agung. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai siswa kelas IV se-Negeri 1 Sumber Agung. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai < 60 berjumlah 20 siswa (66,67%) dan yang mendapatkan nilai > 60 berjumlah 10 siswa (33,33%). Pada siklus II, hasil belajar siswa menunjukkan nilai < 60 berjumlah 4 siswa (13,33%) dan yang mendapat nilai > 60 berjumlah 26 siswa (86,67%) dan mengalami peningkatan sebesar 20%. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa pada siklus II sudah meningkat sangat signifikan dibandingkan hasil belajar siswa pada siklus I.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:45
Terakhir diubah: 14 Aug 2015 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11571

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir