EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR RENANG GAYA BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS X.2 SMA BUDAYA BANDAR LAMPUNG 2013/2014

Parli, LISTIONO (2013) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR RENANG GAYA BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS X.2 SMA BUDAYA BANDAR LAMPUNG 2013/2014. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (144Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (70Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3116Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar renang gaya bebas dengan menggunakan alat bantu pada siswa kelas X.2 SMA Budaya Bandar Lampung TahunPelajaran2012/2013. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan dua siklus, dimana pada setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda.Siklus pertama dengan penggunaan alat Bantu drigen, dan siklus kedua dengan penggunaan alat bantu papan seluncur. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa X.2 SMA Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar renang gaya bebas yang meliputi gerakan kaki, gerakan tangan dan pernapasan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar meluncur melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus pertama sebesar 33,33 %, dan siklus kedua 46,66%.Gerak dasar renang gaya bebas ini dapat ditingkatkan atau dikuasai menggunakan alat bantu, banyak macam alat bantu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran gerakan renang gaya bebas ini diantaranya drigen, pelampung, masih banyak macam alat bantu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran renang gaya bebas ini. Kemungkinan dengan adanya alat bantu akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan gerak dasar renang gaya bebas. Kata kunci : alat bantu, efektivitas, pembelajaran

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Pengobatan > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 22 Feb 2014 04:44
Last Modified: 22 Feb 2014 04:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item