EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Iin Fadilah, 1113023029 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (272Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga. Pendekatan ilmiah terdiri dari 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukan dalam kegiatan analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA1 - XI MIA7 SMA YP Unila Tahun Pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 260 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol, dan XI MIA2 sebagai kelas eksperimen semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir lancar pada kelas kontrol sebesar 0,299 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,611. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji T-Test), hasil penelitian meningat secara signifikan, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir lancar, larutan penyangga, pendekatan ilmiah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
Q Science (General) > QD Chemistry
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 026281 . Digilib
Date Deposited: 14 Aug 2015 06:42
Last Modified: 14 Aug 2015 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item