Iin Fadilah, 1113023029 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan)
|
FIle PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
COVER DALAM.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
COVER LUAR.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (223Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (272Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
MOTO.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
BAB I.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
BAB II.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
BAB III.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
![]() |
FIle PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (103Kb) |
|
|
FIle PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga. Pendekatan ilmiah terdiri dari 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukan dalam kegiatan analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA1 - XI MIA7 SMA YP Unila Tahun Pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 260 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol, dan XI MIA2 sebagai kelas eksperimen semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir lancar pada kelas kontrol sebesar 0,299 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,611. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji T-Test), hasil penelitian meningat secara signifikan, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir lancar, larutan penyangga, pendekatan ilmiah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > QD Chemistry > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 026281 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Aug 2015 06:42 |
Terakhir diubah: | 14 Aug 2015 06:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11741 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |