PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN IPS TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 RULUNG HELOK DI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Pindo Apip Permana, 1013053116 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN IPS TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 RULUNG HELOK DI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (294Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah lemahnya aktivitas belajar siswa karena tidak menerapkan model pembelajaran yang tepat. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 3 Rulung Helok di Kecamatan Natar Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan prestasi belajar serta peningkatan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe make a match. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Rulung Helok di Kecamatan Natar Lampung Selatan yang berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu mengambil data dari seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sampel. Penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Data aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan oleh observer dan teknik pengumpulan data prestasi belajar ranah kognitif menggunakan skor pretestposttest. Pengaruh aktivitas terhadap prestasi belajar diuji menggunakan uji regresi dan perbedaan prestasi belajar ranah kognitif diuji menggunakan uji paired sample t-test yang berfungsi menguji beda rata-rata dari sampel berpasangan terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu. Hasil penelitian ini adalah diperoleh R Square sebesar 0,557 atau 55,7 % kemudian selisih pretest dengan posttest sebesar 38,64 dan nilai thitung sebesar 56,958. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match, dan terdapat peningkatan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe make a match. Kata Kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar IPS dan Make A Match

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 9845464 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2015 03:05
Last Modified: 20 Aug 2015 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11890

Actions (login required)

View Item View Item