Pindo Apip Permana, 1013053116 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN IPS TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 RULUNG HELOK DI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (294Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah lemahnya aktivitas belajar siswa karena tidak menerapkan model pembelajaran yang tepat. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 3 Rulung Helok di Kecamatan Natar Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan prestasi belajar serta peningkatan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe make a match. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Rulung Helok di Kecamatan Natar Lampung Selatan yang berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu mengambil data dari seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sampel. Penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Data aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan oleh observer dan teknik pengumpulan data prestasi belajar ranah kognitif menggunakan skor pretestposttest. Pengaruh aktivitas terhadap prestasi belajar diuji menggunakan uji regresi dan perbedaan prestasi belajar ranah kognitif diuji menggunakan uji paired sample t-test yang berfungsi menguji beda rata-rata dari sampel berpasangan terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu. Hasil penelitian ini adalah diperoleh R Square sebesar 0,557 atau 55,7 % kemudian selisih pretest dengan posttest sebesar 38,64 dan nilai thitung sebesar 56,958. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match, dan terdapat peningkatan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe make a match. Kata Kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar IPS dan Make A Match
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 9845464 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 03:05 |
Last Modified: | 20 Aug 2015 03:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |