Pindo Apip Permana, 1013053116 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN IPS TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 RULUNG HELOK DI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (294Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah lemahnya aktivitas belajar siswa karena tidak menerapkan model pembelajaran yang tepat. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 3 Rulung Helok di Kecamatan Natar Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan prestasi belajar serta peningkatan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe make a match. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Rulung Helok di Kecamatan Natar Lampung Selatan yang berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu mengambil data dari seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sampel. Penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Data aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan oleh observer dan teknik pengumpulan data prestasi belajar ranah kognitif menggunakan skor pretestposttest. Pengaruh aktivitas terhadap prestasi belajar diuji menggunakan uji regresi dan perbedaan prestasi belajar ranah kognitif diuji menggunakan uji paired sample t-test yang berfungsi menguji beda rata-rata dari sampel berpasangan terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu. Hasil penelitian ini adalah diperoleh R Square sebesar 0,557 atau 55,7 % kemudian selisih pretest dengan posttest sebesar 38,64 dan nilai thitung sebesar 56,958. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match, dan terdapat peningkatan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe make a match. Kata Kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar IPS dan Make A Match
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9845464 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 03:05 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2015 03:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11890 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |