PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2014/2015)

Sri Purwaningsih, 0913024020 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (667Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Model pembelajaran GI merupakan pembelajaran kooperatif yang menekankan pada interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu guna mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran GI terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran GI pada kelas eksperimen meningkatkan penguasaan materi oleh siswa dengan rata-rata N-gain 30,04, sedangkan kelas kontrol hanya 16,47. Model GI juga meningkatkan aktivitas belajar belajar siswa dari pertemuan I (62,50) ke pertemuan pertemuan II (66,10). Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran GI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran GI, penguasaan materi oleh siswa, aktivitas belajar siswa, dan pencemaran lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 3267189 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2015 04:21
Terakhir diubah: 20 Aug 2015 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11900

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir